Jakarta, CNBC Indonesia – Penulis buku “Rich Dad Poor Dad” Robert Kiyosaki ternyata juga memiliki catatan buruk dalam investasi saham. Hal itu terungkap dalam USNews. Kepiawaiannya mendulang cuan dalam investasi saham tak luput dari kegagalan.

Sebelum menjadi penulis ternama, Pria asal Hawaii yang memiliki gelar Bachelor of Science dari Akademi Kelautan Dagang Amerika Serikat ini juga pernah gagal menyelesaikan program MBA di Universitas Hawaii di Hilo.

Beberapa perusahaan yang ia dirikan juga bangkrut, dan Kiyosaki dilaporkan pernah tinggal di dalam mobilnya selama masa-masa terburuk dalam perjuangan keuangannya.

Di luar resume yang meragukan, beberapa kritikus juga mengecam Kiyosaki karena saran berbahaya dan ilegal yang diberikannya selama menjadi pembicara. Termasuk mengadvokasi perdagangan saham oleh orang dalam, merekomendasikan investor untuk membeli saham dengan margin di akun pialang yang tidak memiliki dana, serta menyarankan orang-orang untuk membeli beberapa properti real estat dengan sedikit atau tanpa uang muka.

Selama bertahun-tahun, Kiyosaki tidak pernah ragu-ragu untuk menimbang pasar saham. Biasanya Ia membuat prediksi malapetaka dan kesuraman tentang ekonomi dan menyarankan para pengikutnya untuk menjual saham dan membeli aset seperti emas dan real estat.

Meskipun beberapa filosofi dasar keuangan pribadi Kiyosaki sangat kuat, para pengikutnya yang mengikuti nasihatnya dan menghindari pasar saham selama beberapa dekade terakhir telah melewatkan peluang membangun kekayaan yang luar biasa.

Seperti diketahui, Robert Kiyosaki adalah tokoh populer di dunia keuangan pribadi. Kiyosaki adalah penulis “Rich Dad Poor Dad,” sebuah buku yang ia terbitkan sendiri pada tahun 1997 dan bertahan selama lebih dari enam tahun di daftar buku terlaris New York Times.

Dalam buku tersebut, Kiyosaki berpendapat bahwa sangat sulit untuk membangun kekayaan dari gaji, dan cara terbaik untuk menjadi kaya adalah dengan memiliki real estat dan aset lain yang menghasilkan pendapatan pasif.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Robert Kiyosaki Minta Tinggalkan Kebiasaan Menabung, Ada Apa?


(mkh/mkh)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *