Jakarta, CNBC Indonesia – Emiten pertambangan PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) berencana untuk melakukan pembelian kembali saham atau buyback dengan menyiapkan dana sekitar US$ 12,5 juta atau sekitar Rp 200 miliar.

Berdasarkan informasi dari Bursa Efek Indonesia (BEI) yang dirilis pada Jumat (19/4/2024), dana tersebut mencakup biaya transaksi, biaya pedagang perantara, dan biaya lain terkait dengan buyback saham MEDC, yang diperkirakan sebesar Rp 225 juta.

Manajemen Medco Energi Internasional mencatat bahwa jumlah saham yang akan dibeli kembali maksimum adalah 100 juta lembar, setara dengan 0,398% dari total modal yang dimiliki oleh MEDC.

“Sumber dana yang digunakan bukan merupakan dana hasil penawaran umum dan bukan merupakan dana yang berasal dari pinjaman dan/atau utang dalam bentuk apa pun,” sebagaimana dikutip di keterbukaan informasi BEI, Senin, (22/4/2024).

Tujuan dari buyback saham ini antara lain untuk meningkatkan Return on Equity (ROE) MEDC dan memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan modal serta pengembalian kepada pemegang saham. Selain itu, untuk memfasilitasi pengembalian kelebihan kas dan dana kepada pemegang saham dengan efektif dan efisien.

Manajemen MEDC berencana menggunakan saham yang dibeli kembali untuk program kepemilikan saham bagi karyawan dan manajemen MEDC. Persetujuan untuk aksi ini diharapkan diperoleh dari Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang akan diadakan pada 30 Mei 2024.

 

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Sah! MEDC Rampungkan Akusisi 20% Dua Blok Migas di Oman


(ayh/ayh)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *