Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah meresmikan The Gade Tower PT Pegadaian (Persero) di Jalan Kramat Raya Nomor 162 Jakarta Pusat, pada Selasa (7/5/2024).

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, yang meresmikan gedung tersebut, menyampaikan bahwa Gade Towe diharapkan dapat memodernisasikan Pegadaian.

“Jadi kita ingin bahwa produk emas, tabung emas, Pegadaian emas, dan nanti juga non-gadai seperti KUR syariah dan yang lainnya tetap menjadi relevan dengan perubahan zaman. Dan ini menjadi simbolisasi untuk modernisasi, modernisasi digital maupun juga modernisasi talent di Pegadaian,” ujar pria yang akrab disapa Tiko itu, dalam sambutannya, Selasa (7/5/2024).

Diharapkan, dalam 10 tahun ke depan, Pegadaian bisa berubah menjadi institusi yang modern. Terlebih, Tiko menyebut kinerja anak usaha BUMN itu sangat baik, dari segi laba maupun pangsa pasar. Itu juga didukung oleh ekosistem ultramikro induk Pegadaian, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), yang memperluas jangkauan distribusi.

Tiko mengatakan modernisasi Pegadaian juga dimaknai sebagai semakin mendekatnya perusahaan ke masyarakat. Pasalnya masyarakat juga naik kelas dengan pembinaan di ekosistem dalam Holding Ultramikro (UMi) BRI yang terdiri dari Pegadaian dan PMN.

Selain itu, menyosialisasikan lagi emas sebagai aset yang terbilang aman dari guncangan di tengah gejolak ekonomi global. “Karena di dunia yang sekarang [faktor] geopolitik, harga bergejolak-gejolak itu, sebenarnya menyimpan emas itu paling aman,” imbuh Tiko.

Dalam hal ini, BUMN ingin mendorong izin bullion service, sehingga masyarakat akan terdorong untuk menabung emas. Tidak hanya dalam bentuk fisik, tapi juga digital.

“Jadi untuk memastikan bahwa keamanan digital kita ada vault itu standard internasional, jadi masyarakat tidak usah khawatir bahwa yang ditabung emas itu pasti terjamin aman dan itu memang hanya Pegadaian di Indonesia yang memiliki kemampuan menyimpan emas ini,” ucap Tiko.

“Kalau di sini [The Gade Tower] 10 ton. Kalau di Indonesia itu bahkan mungkin 100 ton emas yang jadi jaminan Pegadaian maupun di jaminan emas.”

Acara itu juga dihadiri oleh Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) Catur Budi Harto dan Direktur Utama Pegadaian Damar Latri Setiawan.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Pegadaian Cetak Laba Rp 4,38 T di 2023, Melesat 32,7%


(mkh/mkh)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *