Jakarta, CNBC Indonesia – Penulis buku ‘Rich Dad, Poor Dad’ dan pebisnis Robert T. Kiyosaki tiba-tiba menyerukan lewat X (dulu Twitter) untuk tidak menyimpan dolar Amerika Serikat. Ia menyebut greenback sebagai ‘uang palsu’ karena nilainya terus menurun.

Tidak hanya dolar AS, Kiyosaki juga menyebut euro, yen, dan peso sebagai mata uang palsu. Menurutnya, keempat mata uang tersebut jangan disimpan ketika pasar sedang ambruk. Ia mengimbau para pengikutnya untuk menyimpan emas, perak, dan mata uang kripto Bitcoin dalam situasi tersebut.

“Jangan simpan uang: Uang palsu (dolar AS, Euro, Yen, Peso) turun nilainya. Simpan emas, perak, Bitcoin, uang riil yang nilainya naik, terutama saat pasar ambruk,” tulis Kiyosaki dalam X pribadinya awal Mei lalu, dikutip Senin (13/5/2024).

Imbauan tersebut termasuk dalam enam aturan yang perlu diingat saat sedang terjadi ‘hantaman’ ekonomi. Menurut Kiyosaki, hantaman itu telah dimulai dan akan menjadi hal yang buruk bagi semua orang.

Tetapi, ada kabar baik, krisis merupakan waktu terbaik untuk menjadi kaya. Kiyosaki mengatakan pada saat itu akan muncul berbagai aktivitas tawar-menawar.

Berikut lima dari enam aturan untuk diingat ketika menghadapi hantaman, menurut Kiyosaki. Jangan menangkap pisau yang jatuh.

“Hanya karena harga sedang jatuh jangan serakah. Tunggu hingga harga mencapai titik terendah dan tidak ada yang menginginkan aset yang Anda inginkan,” tegasnya.

Selanjutnya adalah, belajar. Kiyosaki menyebut YouTube adalah sumber yang bagus untuk guru asli dan palsu. Semua harus menginvestasikan waktu untuk memahami pikiran guru-guru.

“Teman baru: Carilah teman baru yang berada di jalur yang sama dengan Anda,” katanya.

“Jauhi korban: orang yang menyalahkan orang lain atas permasalahannya. Menjauhlah dari kaum Marxis: orang-orang yang mengharapkan pemerintah menyelesaikan permasalahannya.”

Berikutnya, Kiyosaki menyerukan agar semua orang mulai melakukan usaha sampingan. Sebab, kecerdasan buatan atau AI akan menghapuskan jutaan pekerjaan. Ia mengatakan kita harus memulai usaha kecil-kecilan dan menjadi wirausaha, bukan menjadi karyawan yang takut kehilangan pekerjaan.

Kemudian, Kiyosaki mengimbau kita untuk memilih guru hebat.

“Saya sarankan Anda memilih guru saya. Guru real estate saya adalah Ken McElroy. Pajak: Tom Wheelwright. Saham: John MacGregor. Minyak: Mike Maucelli. Mereka semua memiliki buku dan Podcast mereka sendiri. Berhati-hatilah dengan siapa yang memengaruhi otak Anda, sikap Anda, dan jiwa Anda”.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Video: Bukan Dolar Yang Menguat Kencang, Ini Sebab Rupiah Anjlok Dalam


(mkh/mkh)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *